IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Update di Medsos Pakai Cuplikan Film di Bioskop? Boleh?

Film Dilan 1990 yang sedang tayang di bioskop berhasil meluluhkan hati para penontonnya, pun juga
yang belum nonton pasti dapet spoiler dikit-dikit lah ya dari yang udah nonton. Tak sedikit yang terpukau dengan keromantisan kisah Dilan dan Milea, pun juga sisi pribadinya sehingga banyak yang terinspirasi, atau mulai muncul bumbu-bumbu galau dalam kehidupannya.

Eits, di tulisan ini aku bukan nge-review Film Dilan 1990 loh, tapi membahas salah satu perilaku para penonton Film fenomenal yang didutradarai oleh Fajar Bustomi dan Ayah Pidi Baiq. Mereka baik yang belum maupun sudah menonton pasti pernah update media sosial mereka baik instastory, posting instagram, story di facebook, story di whatsapp dan banyak media soaial lain. Uniknya, banyak cara untuk mengungkapkan pemikiran atau perasaan mereka di medsos dan menggunakan film Dilan sebagai representasi atau juga media pembenar juga pelegitimasi pemikiran serta perasaan mereka. Pasalnya, ada cara yang kurang lazim bagiku.

Cara yang kurang tepat ini adalah dengan memotret atau merekam filmnya secara langsung saat mereka menonton di bioskop kesayangan mereka. Lalu diselipkan caption yang sesuai dengan adegan di film pun juga sesuai perasaan serta pemikiran mereka. Kenapa bagiku ini kurang tepat?

Karena, ini sama aja dengan pembajakan. Seenggaknya kita udah tahu dan pasti di bioskop sudah ada peringatan untuk nggak melakukan pembajakan film (ada video peringatan yang ditampilkan sebelum film. Isinya orang lagi live instagram trus yang dia live adalah film yang lagi diputer di bioskop. Gokil!). Coba baca berita CNN di sini biar lebih jelas.  

Undang-undang ITE udah ngejelasin di BAB VII Pasal 31 UU ITE 11 tahun 2008 tentang hal-hal yang dilarang. Coba klik aja tulisan UU ITE 11 tahun 2008, udah ada tautannya. Salah satunya yang dilarang itu ada di ayat 2. Paling nggak isinya kayak gini, "Siapa aja yang dengan sengaja ngelawan hukum, melakukan intersepsi atau transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang sifatnya nggak publik gimanapun caranya meskipun nggak merubah atau ngilangin informasi elektronik tersebut". Coba baca aja deh biar lebih jelasnya! Kalau ngga salah udah ada perubahannya juga di UU ITE. Googling aja coba. Ini zaan udah canggih, masa Google dimanfaatin cuman buat nyari cara nge-cheat game sih? 

Btw, di UU ITE ini juga udah diatur bentuk-bentuk pelanggarannya. Jadi, buat temen-temen yang "iseng" atau pengen banget pake banget banget banget dah buat update di media sosial pakai cuplikan film di bioskop, mending jangan dah. Kalau kena polisi, panjang ceritanya ntar guys! Oke! 

Apa kamu juga sering update di media sosial pakai potretan atau rekaman cuplikan film yang lagi tampil di bioskop? Kasih tahu temen-temen kamu yang suka update kayak gitu. Kan jadi nggak seru filmnya cuy! Dan, tobat sekarang juga! Hehe 

Komentar

  1. jadi kalau update ig story pake foto megang tiket ga ngelanggar kode etik kan ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentarin ya! Saya seneng banget kalau dikomentarin. Terima Kasih :)