IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bikin Podcast itu Gampang! Bikin kuy!


Kalau anda punya keinginan bikin podcast, gampang banget! To the point aja ya, simak caranya!
  1. Siapin alat perekam. Zaman sekarang, kita semua punya, loh! Ada di hape kita. Hape kan udah pada smartphone nih, dan pasti ada alat perekamnya. Bisa banget kita pake untuk ngerecord podcast. Soal kualitas suara, santai ajaa. Biasanya kualitas udah bagus. Minimal suaranya bisa terdengar dengan jelas. Asalkan apa yang kita ucapkan bisa terdengar jelas, aman ituuu sudah. Seiring berjalannya waktu, sambil nabung tipis-tipis, kita bisa beli alat-alat podcast.
  2. Siapin nama sederhana buat podcast kamu. Soal topiknya, santai ajaa. Kalau mau simple, biasanya sih seputar obrolan santai aja. Atau kalau kamu bikin podcast karena ingin menyampaikan uneg-uneg dalam hati, gas aja!
  3. Install aplikasi Anchor. Logonya warna ungu dan ada di playstore, mungkin ada juga di apple store. Kalau versi web, anchor.fm.
  4. Daftar akun baru di anchor. Yang penting ada email, aman!
  5. Jangan lupa siapin cover untuk podcast kamu ya. Bikin simple aja di Canva. Saya punya template canva untuk desain cover podcast gratis yang bisa kamu pake. Klik di sini >> TEMPLATE 
  6. Selesaikan proses pendaftaran dan pengaturan nama podcastnya
  7. Mulai record podcastmu. Seperti yang saya tulis di poin 1, pakai alat perekam di hape. 
  8. Materi podcast mungkin bisa dibuat dengan poin-poin terkait topik yang akan kamu omongin. Atau kalau mau enak nanti ngerecordnya biar ngga ngelantur ke mana-mana, bikin aja dulu teksnya. Setelah itu, langsung baca. Karena biasanya kalau langsung ngerecord, kita sering ngelantur dan banyak a e a e nya, hehe
  9. Kalau sudah selesai record, langsung upload deh ke anchor. Setelah sukses keupload, podcast kamu akan muncul di spotify dan bisa disebar ke semua teman-teman untuk didengeri
Nah, nanti kalau udah semakin berkembang, nanti bisa diperbaikin lagi. Berikut poin-poin yang bisa diperbaiki untuk kemajuan podcast kamu:
  1. Buat desain cover yang semakin menarik, bahkan untuk setiap episodenya
  2. Buat cuplikan podcast dengan menggunakan Headliner. Headliner merupakan aplikasi atau web yang sangat ngebantu banget untuk bikin cuplikan podcast, bahkan sudah disesuaikan dengan bentuk-bentuk postingan sosmed yang kamu inginkan, seperti reels/feed/story instagram, twitter, dll. Contohnya ada di sini >> CUPLIKAN EPISODE 152 Podcastnya Rajih 
  3. Nyicil beli perangkat, baik perangkat keras maupun lunak. Kalau perangkat kerasnya, bisa dicicil seperti berikut: 
    • Microphone. Microphone yang digunakan untuk standar bikin podcast, biasanya microphone BM-800. Berikut rekomendasi produk yang bisa anda cek.
      • Microphone BM-800. Jenis mic ini biasa tersedia di toko online memang dan kualitas suaranya udah keren. Akan lebih bagus lagi kalau dikombinasikan dengan soundcard sehingga suaranya jadi lebih jernih, lebih ngebass. 
      • Microphone BM-900. Ini adalah jenis mic podcast pertama yang saya beli dulu. Mic ini keren karena udah ada soundcard di dalam micnya sehingga kita bisa mengatur volume, suara gema, dan bisa lebih jernih. Mic jenis ini punya kabel sambungan USB untuk daya dan juga kabel jack untuk micnya.
      • Microphone Boya PM700. Jenis mic ini harganya memang lebih dari 2 mic di atas. Tapi, dia punya kemampuan lebih. Sama halnya BM900, mic ini sudah punya semacam soundcard di dalamnya sehingga suaranya bisa jadi lebih jernih. Malahan, mudah untuk di bawa ke mana-mana dan bisa diatur mode penangkapan suaranya. Kabel sambungannya adalah usb sehingga untuk menggunakannya, cukup disambungkan ke laptop
      • Paket Podcast (Mic, Stand Mic, Soundcard). Ini adalah paket komplit yang bisa jadi memperirit pengeluaran anda dalam pembelian peralatan podcast
    • Soundcard. Untuk yang biasa, soundcard yang sering dipake adalah Soundcard V8. Soundcard sederhana ini udah keren banget. Dengan menyambungkan mic anda, atau bahkan headphone anda ke soundcard lalu kita sambungkan soundcard ke laptop, kita bisa ngerecord podcast dengan suara yang jernih. Di soundcard, kita bisa mengatur bagaimana bass, treble, reverb atau mode gema, serta bisa mengatur perubahan suara. Kamu tahu suara orang-orang yang biasa diwawancarai di tipi dan disensor, nah bisa tuh dilakukan di soundcard. 
    • Headphone. Biasanya juga disebutnya headset. Hehe. Nah, biar keren, headphone aja biar keliatan gede. Nah, sebisa mungkin memang yang sudah built-in microphone atau yang udah ada microphonenya. Biasanya, headphone gaming akan lebih asyik.
    • Laptop. Kalau laptop, nanti disesuaikan aja yaa dengan kebutuhan software dan budget kamu. Soal software/perangkat lunak, penjelasannya ada di bawah.
Kalau untuk perangkat lunak, ada beberapa opsi:
  • Adobe Audition. Anda tahu sendiri, tentu adobe audition adalah software yang berat. Maka, usahakan untuk menyesuaikan penggunaan software ini di laptop/PC kamu. Kalau laptop kamu kurang mendukung, coba pakai software di bawah ini.
  • Audacity. Audacity adalah software untuk editing suara. Hanya saja, dia gratis dan lebih ringan. Ini bisa jadi opsi untuk menggunakan software editing tapi di laptop yang kurang mendukung adobe audition.
So, tunggu apa lagi? Yuk segera bikin podcastmu!

Komentar