IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ramadan Keempat di Malaysia (Bagian 2)

Sambutan Bu Dr. Roza Dianita, salah satu Pembina PPI USM saat buka puasa bersama PPI USM tanggal 7 April 2023

Masih tentang Ramadan keempat di Malaysia. Sama halnya yang terjadi di Indonesia, pasti bulan puasa nggak jauh-jauh dari yang namanya bukber atau buber atau buka bersama

Soal bukber, tujuannya tentu untuk mengobati rasa rindu akan kebersamaan. Bukbernya bukan sekadar teman kuliah atau circle geng, tapi bahkan mengajak sekumpulan kawan-kawan di masa lalu. Makanya tak jarang ada ide untuk buka bersama dengan teman-teman seangkatan waktu SMA, sekelas kuliah, komunitas baca, kawan sekepengurusan organisasi di masa lalu, bahkan alumni SD. Di sini, saya juga mengikuti beberapa agenda buka bersama. Saking banyaknya dan jadwal yang mepet serta jarak yang jauh, ada saja bukber yang terpaksa saya lewatkan.

Seharusnya, ada agenda Buka Bersama Pengurus PPI Malaysia periode 2021/2022 yang dinahkodai Haidar Mohalisi. Katanya sekalian syukuran pernikahan dia juga (istrinya ternyata satu kepengurusan juga. Kocak! Namanya Ayu Shafa). Namun karena tanggalnya bersamaan dengan bukber PPI USM dan jaraknya yang jauh di Kuala Lumpur, terpaksa saya melewatkan momen seru ini. Kenapa seru? Karena inilah momen ketemunya para pengurus periodenya Haidar. Dulunya kami jarang ketemu ramai-ramai karena Covid. Bahkan Haidar memimpin PPI Malaysia dengan posisi masih di Indonesia. Tapi, yah mau bagaimana lagi.

Bukber kedua yang saya lewatkan adalah Buka Bersama yang diadakan oleh PCIM Malaysia. Lagi-lagi tempatnya di Kuala Lumpur, jadi saya masih belum bisa bergabung. Dan tanggalnya juga bersamaan dengan buka bersama di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang. Bukan bersamaan sih, lebih tepatnya selisih sehari, karena diadakan pada 9 April 2023. Tapi, kan saya juga nggak bisa tiba-tiba mak sleb langsung muncul di KL. Hehe. Sedih banget, karena sudah agak lama sejak DAD Februari lalu saya tidak ketemuan lagi dengan teman-teman IMM Malaysia dan silaturahim dengan Bapak Ibu Muhammadiyah di sana.

Foto bersama PPI USM dengan Bapak Bambang Suharto KJRI Penang

Bagaimanapun, buka bersama tetap menjadi momen yang positif bagi saya. Tak lain tak bukan ya untuk bertemu lagi dengan orang-orang di sekitar saya, kenalan bagi yang belum kenal, ngobrol dan saling berbagi. Di Buka Bersama yang diadakan oleh PPI USM pada 7 April 2023, saya menemui beberapa wajah-wajah baru yang belum saya kenal. Mungkin sebelumnya pernah bertemu di satu forum, namun belum tahu betul mereka siapa, dari mana asalnya, ambil jurusan apa, atau jenjang studinya apa. Akhirnya, kenalanlah saya dengan yang belum kenal. Emang harus dibanyakin sih agenda kumpul-kumpul gini. Sudah seharusnya sesama mahasiswa Indonesia saling mengenal, terlebih di negara orang dan masih satu kampus.

Bukber dengan KJRI yang diadakan pada 8 April 2023 juga demikian. Saya berjumpa dengan banyak orang baru karena berasal dari paguyuban-paguyuban masyarakat Indonesia di Penang. Malahan ada beberapa teman-teman mahasiswa Indonesia dari kampus lain yang saya juga baru kenal. Selain itu juga saya bisa bersilaturahim lagi dengan Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang lain yang sudah kenal namun belum ketemu lagi selama beberapa minggu atau mungkin beberapa hari. Kami sempat berfoto dengan Bapak Konjen Pak Bambang Suharto.

Sisanya, buka bersama saya lalui dengan kondisi di cerita sebelumnya, yaitu buka bareng teman-teman di masjid. Hehe.

Bagaimana bukber kamu di Ramadan kali ini?  


Bersambung..

Komentar